Jumat, 05 Juni 2015

De Duivelswagen "Kreta Setan"



KRETA SETAN










Sebuah Metal Art mobil balap tempo doeloe kisaran tahun 1910.

Indonesia tak hanya kaya akan rempah - rempah saja, dari mulai mobil dan motor antik peninggalan tempo doeloe yang berserakan, menjadi klangenan para kolektor ternama.
Bahkan motor pertama di Indonesia milik seorang masinis dari perusahaan gula Umbul di Probolinggo. John C. Potter. sampai sampai perusahaan yang membuatnya dibuat terheran - heran mendapat order dari belahan negeri yang lain dan saat itu tahun 1893!
Baru setahun kemudian mobil pertama menggelinding dibumi Indonesia, tahun 1894 sebuah mobil keluaran Carl Benz dipesan Paku Buwono X dari Keraton , selang setahun mobil pertama yang diciptakan oleh Benz, wah - wah. padahal negeri belanda memesan 2 tahun setelah pesanan pertama dari Pakubuwono. Indonesia memang...WOW. 
Seperti inilah penampakan mobil pertama itu...


Bermacam merk mobil mulai memenuhi negeri ini, pesanan para orang tajir saat itu, diantaranya Charron Phaeton, Delaunay Belleville, Peugeot, Orient Buckboard, Minerva, Renault, Oldsmobile, Locomobile, REO, dan lain - lain.
Tak kalah pentingnya, di Indonesia pada tahun 1911 sudah diadakan Rally mobil. bisa dibilang inilah Rally pertama dinegeri ini. Tour de Java.
Mengambil jarak tempuh sepanjang 850 Km, Batavia - Soerabaia.
Event Organizernya saat itu ialah "Het Algemeen Sportblad, sebuah redaksi majalah bermotor dari JMC alias Java Motor Club.
Sebetulnya ada 4 mobil yang akan mengikuti rally kaetahanan ini, namun akhirnya hanya 2 mobil saja yang siap bertarung untuk menjadi posisi yang pertama dan akan dicatat dalam sejarah permobilan dinegeri ini.

Mobil tersebut adalah Charron dan Delaunay Belleville. keduanya adalah buatan Perancis.
Mobil Charron dikendarai oleh importirnya sendiri, Decnop dan navigatornya Van der Hoeven, tak lupa seorang pembantu dan seorang wartawan dari majalah De Locomotif yang memelas ikut agar bisa meliput peristiwa bersejarah ini, wartawan tersebut bernama Du Croo.
Mobil kedua adalah Delaunay Belleville yang dikendarai oleh Van Tienen dan navigator Verhagen, juga seorang pembantu dan wartawan dari majalah "Het Nieuws van de Dag" dari Batavia.
Tahukah anda dimana start pertama para pembalap ini?, ternyata di jalan Matraman - Jakarta pada hari sabtu 10 Mei 1911.
Dan tahukah anda Rally pada tahun itu harus melewati sungai dan meyewa perahu untuk melewatinya, seperti yang terjadi didaerah Demak, Kudus. meraka harus memakai perahu tambangan untuk menyeberang ke daerah Rembang, melewati kali Juana. duh betapa repotnya ya.
Akhirnya Rally tersebut berhasil mencatatkan rekor waktu 19 jam 26 menit dengan kecepatan rata - rata 44 km/jam. 
Inilah sekelumit kisah parapembalap tempo doeloe, dengan mobil yang dijuluki "Kreta Setan"
Karena tidak usah dikasih rumput untuk menjalankannya. hehehe

Mobil Metal Art "Kreta Setan" ini sebetulnya dibuat untuk mengenang 104 tahun para pembalap pertama dinegeri ini, namun karena kesibukan dan akhirnya baru sempat diposting saat ini. 
Dimensi mobil 18 x 45 cm, tinggi 17.5 cm
Dilengkapi dengan alas kayu diameter 16.5 cm yang bisa berputar.
TERJUAL





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar atau Pesan anda disini