Jumat, 05 Juni 2015

BOROGODODOD is Frogie






Menjadi bandar barang antik, tak luput para anak buah membawa berbagai macam barang. 
Dari jemuran besi jadul sampai helm tentara dibawa serta ditawarkan, apadaya akhirnya dibeli juga walau gudang sudah penuh bak kapal pecah. 
Apabila tidak dibeli,,,kasihan juga sudah jauh - jauh atau berpanas - panasan ditengah terik matahari untuk berusaha mampir kerumah membawa bermacam barang, 
Akhirnya sebuah helm baja tentara ex perang kemerdekaan membuat sebuah ide seekor kodok sawah yang besar, alias swike untuk santapan lezat. tapi ini tidak bisa digoreng asam manis atau bumbu tauco. hanya sebuah pajangan karya seni yang bernama "Metal Art". Sebuah aliran seni yang menggabungkan bermacam barang bekas menjadi sesuatu yang unik, seolah hidup dan berkarakter.
Istilah kerennya...Re Use, Re Cycle.

Kodok besar diperkampungan jawa barat atau tepatnya di tasikmalaya disebut "Koak" dan apabila bersuara mengeluarkan suara khasnya....boro-go-do-dod. dan sudah bisa dipastikan apabila sudah bersuara seperti itu, berasal dari seekor kodok besar yang siap diburu dan dijadikan santapan lezat.
Untuk anda yang pernah mengalaminya pada saat kecil atau beranjak "Maceuh" alias ABG pada tempo doeloe, pasti megetahui istilah "Ngobor" dalam mencari kodok.
Berbekal senter dengan batu baterai Tjap Eveready  hasil patungan, parang, karung dan tak usah memakai sandal, karena sandal akan tertancap ditanah sawah yang lengket.
Alhasil tak hanya kodok yang didapat, juga belut dan ikan dikolam petani saat padi baru ditanam yang menjadi hasil buruan..hehehe.
Saya sendiri pernah mengalaminya pada tahun sekitar 1980an, disaat Bandung, Soreang sampai Majalaya masih dipenuhi sawah - sawah. tak seperti sekarang sumpek, sumuk, dan Hareurin ( sempit )

Maka dari kenangan itulah kodok ini menjelma dari sebuah Helm perang bekas, metal mobil butut, fork sepeda antik yang tak lengkap, bearing - bearing bekas dan lain - lain. juga tak lupa...dengan darah dan doa.
Seni memang susah dicerna, tak diduga, tak diundang.
Untuk anda yang bercita rasa seni tinggi, bisa memilikinya, sebagai hiasan atau bahkan sebagai hiasan ditaman yang sesungguhnya.
Dimensi cukup besar,,,, 25 x 26 cm, tinggi 18 cm.
TERJUAL / SOLDOUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar atau Pesan anda disini